Mengapa kita harus sholat?

24 November 2008 at 10:01 am (Artikel) (, )

Pertanyaan diatas mungkin sangat menggelitik sekali. Namun kadang banyak orang bertanya tentang hal ini. Baik dalam hatinya kecil kita ketika kita akan melakukan sholat,bahkan ada yang dengan lisan mereka mengungkapkannya. “Mengapa harus sholat?” kata salah seorang teman saya, beberapa tahun yang lalu. Bahkan mungkin antum juga berpikir seperti itu, atau bahkan pertanyaan itu tidak pernah terlintas dalam pikiran antum.

Ada tipe orang yang ketika dia mendapatkan begitu banyak kesulitan hidup, rizqi tersendat, kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup, sakit, dan kesulitan lainnya, dia akan sangat rajin sholat. Bahkan tidak hanya Sholat Wajib 5 Waktu, tetapi ssolat sunnah dilakukannya. Tetapi keadaannya berubah bila ia mendapatkan kesenangan dalam hidupnya. Dia akan tidak ingat lagi dengan yang namanya Sholat.

Ada tipe Orang yang dia berpikir bahwa dengan sholat dia akan mendapatkan Rizqi yang banyak, akan dimudahkan urusannya oleh ALLAH SWT, sehingga dia rajin untuk menjalankan Sholat. Namun ketika apa yang dia minta tidak kunjung datang atau terkabulkan dia mulai meragukan keputusannya untuk terus sholat. “Sudah sholat sampai kepala hitam tapi tidak juga mendapatkan jodoh dan uang, tapi lihat itu orang, dia tidak pernah sholat tapi dia kaya raya dan istrinya cantik” ujar salah seorang teman saya.

Ada seorang kiai yang menyampaikan ceramah di sebuah Masjid, dia menyampaikan tentang bagaimana sholat itu. Kiai itu menyuruh para jamaah untuk sholat dengan rutin agar dia mendapatkan kemudahan rizqi, dimudahkan mendapatkan jodoh, dimudahkan dalam segala urusan hidupnya.

Dan mungkin masih banyak lagi alasan yang membuat seseorang untuk menjalankan aktivitas rutin ini. Sebenarnya Mengapa sih kita harus sholat????

Sebagai seorang Muslim sudah seharusnya kita mengetahui landasan kita dalam menjalankan suatu aktivitas. Karena menurut kaidah syara’ “Hukum asal dari perbuatan itu adalah terikat dengan hukum syara”.

dengan pengetahuan ini sudah seharusnya kita mencari dasar bagi kita untuk menjalankan sholat. Perhatikan Firman ALLAH SWT di bawah :

Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan rukulah bersama orang-orang yang ruku. (QS. 2:43)

Dan dirikanlah shalat dan tunaikan zakat. Dan apa-apa yang kamu usahakan dari kebaikan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahalanya pada sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan. (QS. 2:110)

dari dua ayat Al Quran diatas sangat jelas bahwa ALLAH SWT telah memerintahkan kepada Umatnya untuk menjalankan sholat. Dan inilah yang seharusnya menjadikan alasan bagi kita untuk menjalankan Sholat. Kita menjalankan Sholat karena memang Sholat itu telah diperintahkan/diwajibkan oleh ALLAH SWT dan kita sebagai Makhluknya yang telah memeluk Islam harus menjalankan perintah itu. Jadi jangan kita menjadikan sesuatu yang lain menjadi pendorong kita untuk menjalankan Sholat. Jangan karena kita ingin kaya dan mendapatkan harta banyak, jangan kita ingin supaya ALLAH memberikan kita kemudahan hidup. Dan jangan pernah kita mencari illat untuk menjalakannya. jangan kita menjdikan tujuan maslahat untuk menjalankannya. Firman ALLAH :

Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al-Kitab (Al-Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. 29:45)

Dari ayat diatas seharusnya ketika sholat kita benar, maka kita akan terhindar dari perbuatan keji dan Munkar. jadi itulah efek yang disampaikan ALLAH SWT ketika kita mau menjalankan sholat dengan benar. Wallahu A’lam Bis Shawab. (Fatih)

About these ads

1 Komentar

  1. bocahkureng said,

    bocahkureng mulai posting tuntunan sholat mas Fatih, urun dunk biar lengkap!!! coba lihat di sini http://bocahkureng.wordpress.com/tuntunan-sholat/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: