Australian Sumbang Enam Juta Dolar untuk Pemilu 2009

12 November 2008 at 9:27 am (Berita) ()

CANBERRA–MI: Pemerintah Australia berjanji memberikan kontribusi bagi penyelenggarakan Pemilu 2009 sebesar enam juta dolar Australia atau sekitar Rp43,2 miliar sebagai bagian dari dukungan negara itu pada demokrasi Indonesia.

Komitmen Australia itu disampaikan Menteri Luar Negeri Stephen Smith dalam konferensi pers bersama Menlu RI Nur Hassan Wirajuda seusai keduanya memimpin delegasi menteri masing-masing negara pada pertemuan Forum Menteri Australia-Indonesia (AIMF) ke-sembilan di Canberra, Rabu (12/11).

Menurut Menlu Smith, dana bantuan tersebut akan disalurkan melalui Komisi Pemilihan Umum Australia. Ia mengatakan, penyelenggaraan Pemilu Parlemen dan Presiden-Wakil Presiden di negara dengan jumlah penduduk yang besar jauh lebih sulit jika dibandingkan dengan Australia.

Menlu Smith juga menyinggung dukungan pemerintahnya pada penyelenggaraan Forum Demokrasi di Bali pada 9-10 Desember mendatang dan mengkonfirmasi rencana kehadiran Perdana Menteri Kevin Rudd pada pertemuan tersebut.

Sementara itu, Menlu Hassan Wirajuda mengatakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menyambut hangat kehadiran PM Rudd dalam pertemuan Forum Demokrasi maupun upaya bersama kedua negara mempromosikan demokrasi, hak azasi manusia dan pemerintahan yang bersih di kawasan.

“Kehadiran Forum Demokrasi itu sangat penting untuk mempromosikan agenda dan wacana demokrasi di kawasan,” katanya.

Pertemuan AIMF ke-sembilan yang berlangsung di gedung Parlemen Australia itu diikuti enam orang menteri Australia dan enam orang menteri Indonesia.

Dari pihak Australia hadir Menlu Stephen Smith, Menteri Perdagangan Simon Crean, Menteri Imigrasi dan Kewarganegaraan Senator Chris Evans, Menteri Perubahan Iklim dan Air Senator Penny Wong, Menteri Lingkungan Hidup Peninggalan Sejarah dan Seni Peter Garrett, Jaksa Agung Robert McClelland dan Menteri Dalam Negeri, Bob Debus.

Dari pihak Indonesia hadir Menlu Hassan Wirajuda, Menteri Perdagangan Mari Pangestu, Menteri Pertanian Anton Apriyantono, Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy Numberi, Menteri Lingkungan Hidup Rachmat Witoelar, dan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Andi Mattalatta.(Media Indonesia Rabu, 12 2008)

2 Komentar

  1. Fatimah said,

    Orang asing/barat memberikan sumbangan pasti ada maunya.
    biar orang indonesia sungkan sehinggga ketika di minta melakukan sesuatu sugkan juga untuk menolaknya.
    Hal ini membuktikan bahwa orang barat terus mendikte bangsa ini

  2. lintasmarketing said,

    Artikel-artikel di blog ini bagus-bagus. Coba lebih dipopulerkan lagi di Lintasberita.com akan lebih berguna buat pembaca di seluruh tanah air. Dan kami juga telah memiliki plugin untuk WordPress dengan installasi mudah.
    Kami berharap bisa meningkatkan kerjasama dengan memasangkan WIDGET Lintas Berita di website Anda sehingga akan lebih mudah mempopulerkan artikel Anda untuk seluruh pembaca di seluruh nusantara dan menambah incoming traffic di website Anda. Salam!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: