Golput Menang Di Jawa Timur

12 November 2008 at 2:41 am (Politik) ()

pilgubjatim_dalamProses perhitungan suara Pilkadal Jawa Timur telah diumumkan oleh KPU Jatim kemaren. Dari Rekapitulasi suara 38 KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur yang masuk ke KPU, Duet Karsa berhasil mengumpulkan 7.729.944 Suara sah, unggul tipis dari pasangan Kaji yang hanya mendapatkan 7.699.721 suara sah.

Ini adalah hasil rekapitulasi resmi dari KPU Jatim. Saya bersyukur semua berjalan normal. Semoga ini terus terjadi sampai akhir tahapan pilgub nanti,” kata Ketua KPU Jatim Wahyudi Purnomo setelah penghitungan suara kemarin(Jawa Pos Rabu 12 Nopember 2008).

Dengan hasil perhitungan dia atas, pasangan Karsa yang berhak duduk di kursi Gubernur – Wakil Gubernur Jawa Timur untuk periode 5 tahun kedepan. Tapi bila kita lihat data lebih detail yaitu Jumlah penduduk di Jawa Timur sejumlah 37.070.731 jiwa(BPS 2005) dan Jumlah pemduduk yang Golput sebesar 13.469.016(KPU Jatim 2008). Bila di bandingkan jumlah suara yang di peroleh oleh masing – masing Cagub dengan jumlah penduduk Jawa Timur dan jumlah warga yang tidak menyalurkan suaranya (GolPut) pada Pilkadal Jawa Timur kali ini, Jumlah suara yang diperoleh Pasangan Karsa dan kaji tidak sampai 50%. Dari sini bisa muncul pertanyaan, Apakah pemenang Pilkadal Jatim 2008 layak menjadi Gubernur Jawa Timur untuk periode 5 Tahun ke depan?????

Kalau mengacu pada prinsip demokrasi yaitu suara terbanyak seharusnya yang berhak memimpin Jawa Timur dengan 37 Juta jiwa penduduknya adalah pasangan Golput yang mendapatkan suara lebih dari 50%. hehehe..

Tapi itulah Demokrazi, sampai kapanpun antara teori dan kenyataan tidak pernah sama. (fateeh)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: